Skip to content

HATI ( Bab 4 Racun Hati )

February 5, 2010
tags:

2. Banyak makan

Sedikit makan dapat melembutkan hati, menguatkan daya pikir, membuka diri, serta melemahkan hawa nafsu dan sifat marah. Sedangkan banyak makan akan mengakibatkan kebalikannya.

Miqdam bin Ma’d Yakrib a berkata, ” Aku mendengar Rasulullah bersabda : “ Tidak ada bejana yang diisi oleh anak Adam yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap untuk menegakkan tulang punggung, jika tidak bisa maka sepertiga dari perutnya hendaknya diisi untuk makannya, sepertiga untuk minumnya, dan sepertiga untuk nafasnya “. ( Hadist Shahih diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad IV/ 132, At Tirmidzi dalam Az Zuhud VII/ 5 dengan sedikit perbedaan redaksi. Al Hakim mengatakan ” Hadist ini isnadnya Shahih. Hanya Bukhari dan Muslim tidak mengeluarkannya.” AdzDzahabi sepakat dengan Al Hakim IV/ 331 )

Berlebihan dalam makan mengakibatkan banyak hal buruk. Ia akan menggerakkan anggota badan untuk melakukan berbagai kemaksiatan serta menjadikannya merasa berat untuk berbuat taat dan beribadah. Dua hal ini pun sudah cukup sebagai suatu keburukan bagi Anda. Berapa banyak kemaksiatan yang bermula dari keadaan kenyang dan berlebihan dalam makan.

Berapa banyak pula ketaatan dalam keadaan sebaliknya. Maka barangsiapa bisa menjaga keburukan perutnya ia telah menjaga diri dari keburukan yang besar. Pun,setan lebih terampil memperdaya manusia ketika perutnya dipenuhi dengan makanan. Sebagian salaf berkata ” Sebagian pemuda bani Israil bertaabbud ( berpuasa sambil berkhalwat ). Bila datang masa berbuka seorang dari mereka, ” Janganlah makan banyakbanyak, sehingga minum kalian pun menjadi banyak, lalu tidur kalian juga banyak, akhirnya kalian banyak merugi.”

Seringkali Rasulullah dan para sahabat berada dalam keadaan lapar, walaupun memang karena tidak adanya makanan. Tetapi bukankah Allah hanya memilihkan keadaan terbaik bagi Rasul-Nya ? Itulah sebabnya Ibnu Umar a berusaha untuk menyerupai Beliau, walaupun mampu untuk makan apa saja. Demikian pula Ayahnya.

Aisyah meriwayatkan : “Sejak masuk Madinah keluarga Rasulullah, Beliau belum pernah merasa kenyang oleh roti gandum selama tiga hari berturut-turut sampai Beliau Wafat.” ( H.R. Bukhari ( Al Ath’imah IX/ 549 ) dan Muslim ( Az Zuhd VIII/ 105 ).

Ibrahim bin Adhm berkata : ” Barangsiapa memelihara perutnya akan terpeliharalah dirinya. Barangsiapa mampu menguasai rasa laparnya akan memiliki akhlak yang baik. Sesungguhnya kemaksiatan kepada Allah Ta’ala itu jauh dari seorang yang lapar dan dekat dengan orang yang kenyang”

C. Berlebihan dalam bergaul

Ini penyakit berbahaya yang mengakibatkan banyak keburukan. Ia dapat menghilangkan nikmat dan menebarkan permusuhan. Ia juga menanamkan kedengkian yang dashyat, yang seandainya ditimpakan kepada gunung-gunung yang kokoh sekalipun meletuslah ia. Dus bergaul secara berlebihan membawa kerugian dunia dan akhirat.

Dalam bergaul, hendaknya kita mengklasifikasikan manusia menjadi empat. Ketidakmampuan kita untuk membedakan masing-masingnya akan membawa bencana.

1. Kelompok yang bergaul dengan mereka seperti konsumsi makanan yang bergizi. Ia dibutuhkan siang dan malam. Jika seseorang telah menyelesaikan keperluannya ia ditinggal, dan jika diperlukan lagi ia didatangi. Demikian seterusnya. Mereka adalah para Ulama, ahli ma’rifatullah , mema h ami perintah-perintah-Nya mengerti tipu daya musuh-musuhnya, dan memiliki ilmu tentang penyakitpenyakit hati serta obatnya. Mereka adalah orang-orang yang setia kepada Allahk, kitab- Nya, Rasul-Nya dan seluruh makhluk. Bergaul dengan mereka adalah keuntungan yang nyata.

2. Kelompok yang bergaul dengan mereka seperti mengkonsumsi obat. Ia dibutuhkan di kala sakit. Selama anda sehat, anda tidak memerlukan pergaulan dengan mereka. Mereka adalah para profesional dalam urusan mu’amalah, bisnis, dan semisalnya. Anda harus bergaul dengan mereka, jika anda ingin urusan ma’isyah anda lancar. Jika kebutuhan anda akan ilmu mereka telah terpenuhi maka ketahuilah tentang :

3. Kelompok yang bergaul dengan mereka berarti mengkomsumsi penyakit. Ada penyakit ganas dan memakan waktu yang lama untuk dapat disembuhkan. Mereka adalah orang-orang yang tidak membawa keuntungan, dunia ataupun akhira t . Bahkan sebaliknya ia membawa kerugian dunia dan akhirat, atau salah satunya. Jika anda bergaul dengannya, sesungguhnya ia adalah penyakit yang membawa kematian dan menakutkan. Ada juga penyakit yang lebih ringa, adalah orang yang bicaranya tidak baik, tidak ada manfaatnya bagi anda. Pun dia tidak bisa diam untuk mengambil manfaaat dari anda. Dia tidak tahu siapa dirinya sehingga mampu menempatkan pada tempatnya. Jika ia berbicara, kata-katanya ibarat sembilu yang mengiris hati orang-orang yang mendengarnya. Namun ia tetap bangga dengan ucapannya. Ia melakukan kepada siapa saja yang bergaul dengannya dan menyangka bahwa ia sedang menebar minyak wangi. Dan jika ia diam, maka ia lebih berat daripada sebongkah batu. Tidak ada seorangpun yang mampu mengangkatnya, mengubah keadaannya.

4. Kelompok yang bergaul dengan mereka adalah kebinasaan total. Mereka ibarat racun. Jika seseorang tidak sengaja memakannya itupun sudah suatu kerugian. Kelompok ini banyak sekali ( semoga Allah mempersedikit jumlah mereka ), mereka adalah ahli bid’ah dan kesesatan, penghilang sunnah Rasulullah n , yang selalu menyeru untuk menyelisihinya. Mereka menjadikan sunnah sebagai bid’ah dan sebaliknya.

bersambung ke edisi 43 …

(dari kitab : Tazkiyatun Nufuz wa Tarbiyatuha kama yuqarrirruhu Ulama As Salaf : Ibnu Qayyim Al Jauziyah, Ibnu Rajab Al Hambali, Imam Al Ghazali )

Download Buletin

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: